Saturday, September 24, 2011

Learn Japanese again

naaaahhhhhhh,,,,,now,,,it's time to learn katakana......
perhatikan baik-baik yaaaaa...


HURUF KATAKANA
Katakana diciptakan sekitar tahun 800 M ada juga yang mengatakan diciptakan sekitar 1000 M (Learn Katakana Hiragana, AOTS:2006:56), tepatnya diciptakan oleh Kibi no Makabi (693M-755M). Katakana diciptakan untuk menyederhanakan kanji, pada masa itu banyak digunakan untuk menulis ajaran agama budha namun dalam pemakaiannya dipakai bersama dengan kanji, seiring dengan perkembangan jaman dari penyederhanaan kanji Cina muncullah huruf hiragana dan katakana, sebab bukanlah hal mudah untuk membiasakan menggunakan huruf kanji dalam kehidupan sehari-hari, apalagi jumlahnya yang semakin banyak.
Huruf katakana sama dengan huruf hiragana termasuk dalam kelompok huruf kana, namun memiliki fungsi yang berbeda. Huruf katakana dipakai untuk menulis kata-kata yang berasal dari bahasa asing (kata-kata serapan), seperti nama orang asing, nama negara, nama kota, dan lain-lain.
PENULISAN HURUF KATAKANA
Huruf katakana ialah salah satu huruf bahasa jepang yang digunakan untuk menulis kata serapan atau kata-kata asing. Huruf katakana terbentuk dari garis-garis atau coretan lurus (chokusenteki) (Iwabuchi dalam Sudjianto, 2004 : 73). Coretan huruf katakana berbeda dengan huruf hiragana. Jika huruf hiragana coretannya tampak melengkung, maka katakana terbentuk dari coretan atau garis yang lurus dan terkesan kaku.
Dalam penulisan huruf katakana tidak boleh dibuat sekehendak hati ataupun sesuka hati. Ada aturan dalam penulisan huruf katakana tersebut. Aturan itu meliputi posisi, arah, dan bentuk. Huruf katakana satu dengan yang lain mempunyai aturan penulisan sendiri-sendiri.
Tabel Huruf Hiragana









キャ

キュ

キョ
シャ

シュ

ショ
チャ

チュ

チョ
ニャ

ニュ

ニョ
ヒャ

ヒュ

ヒョ
ミャ

ミュ

ミョ
リャ

リュ

リョ
ギャ

ギュ

ギョ
ジャ

ジュ

ジョ
ビャ

ビュ

ビョ
ピャ

ピュ

ピョ

0 komentar:

Post a Comment